Senin, 26 September 2016

Tips Bepergian ke Negara Musim Dingin (Winter)

Tips Bepergian ke Negara Musim Dingin (Winter)
Setahun lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Finlandia dalam rangka dinas kantor. sudah setahun memang namun baru kali ini saya mempunyai kesempatan untuk menulis. mumpung Load di kantor ga berat. soalnya proyek sudah selesai dan ini tinggal nunggu proyek selanjutnya.
sewaktu itu saya mendapatkan kesempatan untuk FAT (Factory Acceptance Test) di salah satu kota di Finland. waktu itu bulan Mei dimana kalo berdasarkan pelajaran IPA yang diajarkan ketika SD. belahan bumi utara sedang musim Semi. Namun saya diwanti-wanti oleh senior saya yang sudah berangkat kesana bahwa cuacanya disana sangat dingin.
Sebelum berangkat saya hunting beberapa item untuk perlengkapan musim dingin. karena kebetulan saya juga nglaju. mau tidak mau saya hunting via internet sajalah. selain murah kita juga bisa membandingkan harga. tinggal pilih, klik, dan bayar. saya pernah sih disuruh bos bantuin nyariin dan memang rada capek. pindah dari mall ke mall. belum lagi nyariin kios tokonya yang nyempil. Memang keuntungan beli secara offline kita bisa langsung coba ukuran di tempat dan setelah bayar barang langsung di tangan namun kalo dibanding dengan jalanan Jakarta yang super duper Macet.  ditambah lagi hunting yang kayak gini harus bangun pagi-pagi di hari Weekend (buat yang ga bisa bolos di Weekdays buat hunting). Selain itu juga Toko-toko kebanyakan hanya buka sampe jam 15:00 WIB. dan banyak juga dari mereka minggu TUTUP. kalo saya sih lebih enak belanja via Online tinggal kik di Weekdays. barang 1-2 hari sudah sampai ga usah nunggu weekend, bebas macet, dan lebih hemat ( uang parkir dan Jajan > Ongkos Kirim).
Hari keberangkatan pun tiba setelah 18 jam perjalanan dari Singapore kami pun tiba di Munich. dan harus menunggu 4 jam sebelum transfer ke Helsinki dikarenakan saya pake Singapore Airlines. setelah tiba di Helsinki yang bandaranya sebesar TU3 Ultimate atau KualaNamu Medan. namun Kepadatan Penumpang tak terlalu tinggi. bahkan lebih ramai Bandara Adisucipto Jogja ketimbang Helsinki yang notabene Soekarno Hatta -nya Finlandia. saya masih harus menunggu sebelum akhirnya pesawat yang mengantarkan kami ke Vaassa tiba.
Bandara Munich
Lagi Nunggu di Bandara Munich yang gak seramai Soekarno Hatta
Sebelum ke Helsinki saya sudah memakai LongJohn buat antisipasi Cuaca dingin di Finlandia dan benar saja setelah pesawat tiba di Vaasa dan menuju Taxi udaranya sangat dingin dan menusuk. disertai gerimis suhu menunjukkan 10 derajat Celcius. suhu yang sangat dingin bagi orang tropis seperti saya. Namum berbekal perlengkapan musim dingin yang sudah lengkap ini  bukan menjadi masalah. Cuaca 10 derajat Celcius pun tetap hangat bagi orang tropis seperti saya. Nah beberapa perlengkapan yang wajib kamu kenakan atau pakai  saat bepergian di Negara yang sedang musim dingin seperti yang saya jelaskan berikut:
  1. Long John : ini sangat wajib kamu bawa dan pakai untuk menghangatkan badan terlebih lagi bagi penduduk negara Tropis. Long Jhon ini efektif agar badan lebih hangat dan suhu tubuh tidak keluar . sesuai hukum termodinamika pasti suhu yang lebih tinggi akan mengalir ke luar nah Long John ini berfungsi untuk menjebak suhu tubuh kita agar tidak cepat keluar. Kamu juga bisa kok membeli Online disini
  2. Jacket Musim Dingin: Jaket yang harus dibeli bukan cuma jaket biasa. saya sih lebih menyarankan Jaket yang diisi bulu Angsa. biasanya jaket ini peruntukkannya untuk jaket musim dingin. Jaket yang saya pilih adalah Zara. Design simple sih. kalo bingung mau cari dimana beli disini aja
  3. Topi Winter/Kupluk : menjaga supaya kepala dan kuping hangat.klo beli online klik aja disini
  4. Sarung Tangan: Sarung tangan sih mungkin gampang didapat tapi Saran saya sih cari sarung tangan yang bisa untuk touch screen juga. klo lagi jalan diluar terus mau foto pake hape yakin mau lepas sarung  tangan. Sumpah itu dingin banget. daripada repot cari disini aja.
  5. Lip Balm : Lip balm ini sangat perlu kamu pakai supaya bibir kamu ga pecah. Ingat di musim dingin udaranya dingin dan kering. saran saya sih cari Lip Balm yang herbal. di supermaket ada kok.
  6. SunBlock: nah klo yang ini wajib beli. karena teriknya matahari bikin cepet item dan ga kerasa karena disana dingin. kalo bisa yang sekalian ada pelembabnya karena rata-rata kulit muka orang tropis kan berkeringat begitu kena udara dingin langsung kering dan pecah-pecah.
  7. Kaos Kaki Winter: kaos kaki ini memang beda ketimbang kaos kaki yang kita pakai. kaos kaki ini memang lebih hangat bila dipakai di negara dengan iklim dingin tapi jangan coba-coba dipakai di Indonesia. Sumpah, panas banget bikin kaki keringatan. klik aja disini kalo mau beli.
  8. Kacamata Hitam: penting banget karena disana emang terik apalagi yang pergi ke Eropa Utara.
  9. Syal: syal juga penting buat menghangatkan tenggorokan. klo mau beli online disini aja
Mungkin kira-kira itu saja yang penting dibawa. bawalah yang penting-penting karena pasti dimintai Oleh2. dan ingat beberapa maskapai (Singapore Airlines) walaupun punya dua tas dengan berat yang sama dengan satu tas. lebih baik bawa satu tas gede saja. karena pasti dimintain over luggage. Selamat berlibur/ bekerja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar