Rabu, 28 September 2016

Impor Barang dengan EMS

Impor Barang dengan EMS

Akhir april lalu saya membeli Diecast di Jepang via Facebook. Awalnya saya melihat iklan seller ini murah sekali dengan hanya 1900 Yen saya sudah bisa dapatkan 19 diecast Tomica 30th Anniversary reprint Black dengan free shipping dari Jepang ke Indonesia. setelah menyelesaikan pembayaran via Paypal maka seller segera mengirim Barangnya diikuti dengan no. tracking EMS. Seller ini emang ramah dan pelayanannya cepat padahal saya pertama kali ini belanja di lapaknya. Orang Jepang rata-rata emang trusted.
Barang sebenarnya sudah sampai di Transit Offices Jakarta Timur ( Pos Besar jalan Pemuda Rawamangun). tujuh hari setelah barang dikirim namun karena sampai empat hari belum dikirimkan juga maka saya segera saja menjemput barang ke kantor Pos Jln. Pemuda rawamangun.
Buat teman-teman yang belum pernah impor dengan EMS atau postage dan berencana akan impor biasanya setelah barang berdasarkan trackking sudah sampai di Transit Offices yang notabene adalah perwakilan kantor Pos tiap Kota atau Kabupaten semisal alamat pengiriman di Jakarta Timur maka Transit Officesnya adalah di kantor pos pemuda Rawamangun. Tiap Kabupaten atau kota pasti punya kantor pos besar ini.
Ketika saya sudah sampai di kantor pos ternyata harus ke bagian ekspedisi yang ada di halaman belakang. cukup lama saya tracking barang saya dan ternyata kantor EMS dan bagian pos itu terpisah. awalnya saya harus mencari invoice bea cukai dulu karena nlai pembelian saya lebih dari $50. ketika invoice sudah didapatkan dan saya melihat tagihannya. Alamaaak!!! ternyata nilai Impor sendiri 35% dari nilai total barang sehingga saya harus menebus 865 ribu klo tidak salah. nilai total barang ini nilai barang ditambah nilai ongkos shipping plus asuransi klo ada. kemudian saya harus fotocopy KTP dan NPWP (ini perlu gan sebab apabila kita impor lagi petugas tahu kita adalah NPWP maka mendapat keringanan sehingga biaya Impor bisa menjadi 27,5% dari nilai total barang). akhirnya setelah menebus invoice yang sekitar 800 ribuan itu barang berhasil berpindah ke tangan saya.
bea impor
Foto Tagihan Bea Impor yang menguras dompet
Buat agan-agan yang mau jual lagi barangnya hal-hal ini harus diperhatikan baik-baik karena akan berdampak di margin. oleh karen itu beberapa tips berikut mungkin berguna buat yang mau impor ataupun ambil barang di EMS
  1. Buat yang mau coba impor perhatikan harga barang setelah kena Bea Impor dengan harga pasaran INDONESIA
  2. sebaiknya buat yang baru pertma kali mau impor bila kalian punya NPWP kirimkan saja soft copy ke seller dan suruh printkan kemudian sertakan di bagian kardusnya lumayan kan dapat potongan 7,5%
  3. selalu catat nomor resi EMS untuk nanti ditunjukkan ke pegawai Pos
  4. Sebaiknya fotokopi KTP terlebih dahulu pengalaman saya disana mahal banget satu 2000.
oke segitu aja sih. mudah-mudahan berguna
regards,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar