Selasa, 04 Oktober 2016

Bis Jakarta Jogja

Bis Jakarta Jogja : Agen dan Harga bis Jurusan Jakarta Jogja

Bis sebagai moda transportasi darat masih banyak dinikmati walaupun banyak yang lebih memilih kereta sebagai moda transportasi utama sebagai penghubung kota-kota di pulau Jawa. Bis sendiri juga mempunyai supporter fanatik yang dikenal dengan BMC (Bus Mania Community). Waktu yang ramai pun berada di Jumat untuk jurusan jakarta ke luar daerah. Karena pada umumnya didominasi orang para penglaju yang pulang ke rumahnya di luar Jakarta. Hal ini terjadi karena pada umumnya kereta api sering penuh dan harganya sendiri yang terus naik. saya sendiri pun sempat mengalami masa nglaju ini yaitu Jumat saya ke Jogja karena memang kereta api penuh sementara minggunya saya balik kembali. Berikut akan saya tampilkan Operator bis yang melayani trayek Jakarta ke Jogja

1. Rosalia Indah

Operator bis ini sangat saya rekomendasikan. selain harganya yang wajar. pelayanan staff pun ramah. Rosin pun tidak pernah menurunkan penumpang di tengah jalan. sepengalaman saya ketika naik bis operator yang lain Rosin lah yang paling ramah terhadap penumpang. Rosin sendiri memilih trayek selatan untuk jurusan Jakarta ke Jogja.
Rosin sendiri terdiri dari beberapa kelas:

- Super Eksekutif seat 2-1 seperti yang tertera di gambar dengan tiket seharga 250.000 (2015) hanya tersedia di Agen Rawamangun dan Lebak Bulus jam keberangkatan 16:00 - 17:00
- Eksekutif seat 2-2 dengan harga tiket 180.000 hanya tersedia di Agen Kampung Rambutan dan Lebak Bulus jam keberangkatan jam 15:00 - 17:00.
- VIP seat 2-2 hanya saja jarak antar seat lebih sempit ketimbang eksekutif dengan harga tiket 150.000 dengan jam keberangkatan jam 14:00 - 16:00

Untuk Review lebih lengkap dapat di klik 

Foto bis Rosalia Indah dengan kelas Super Eksekutif.


2. Pahala Kencana 

Pahala Kencana juga melayani jurusan Jogja namun sebelum ke Jogja rute bis Pahala kencana semuanya melewati jalur utara dimana pasti akan melewati Ungaran kemudian ke Magelang dan berakhir di Jogja atau kota lain selanjutnya. Kalopun di Jogja Pahala Kencana berhenti di Jombor namun saya punya pengalaman pahit dimana bis ini tidak mau berhenti di Jombor dikarenakan harus memutar terlebih dahulu akibat adanya renovasi jembatan. untuk sekarang saya tidak tahu apakah Pahala Kencana mau berhenti di Jombor. yang jelas sewaktu itu saya harus jalan sejauh 200 meter ke Jombor penumpang yang lain pun sama apalagi yang membawa tas dan koper pasti semakin berat bebannya.  

Pahala Kencana jurusan keberangkatan Jakarta - Jogja yang saya tumpangi dari Agen Rawamangun.
Dari Rawamangun sendiri hanya ada kelas Eksekutif dengan seat 2-2 dengan harga dibanderol 210.000 ( 2015) dengan jam keberangkatan antara 17:00 - 18:00 .


Salah satu armada bis Pahala Kencana.

3. Lorena

Lorena juga melayani jurusan Jakarta - Jogja sama halnya dengan Pahala Kencana. rutenya pun mengikuti Pahala Kencana. dengan melewati Magelang terlebih dahulu. Lorena juga bisa berangkat dari Rawamangun. Pada peak season anda harus ekstra sabar saya yang waktu itu seharusnya berangkat jam 17:00 diundur sampai jam 20:00.  ditambah lagi yang saya naikin tidak ada pijakan untuk kaki yang biasanya ada di kelas eksekutif Rosalia Indah.

Lorena sendiri menyediakan kelas Eksekutif yang dibanderol dengan harga 235.000. 


Salah satu armada bis Lorena.

4. Safari Dharma Raya

Safari Dharma Raya juga melayani jurusan Jakarta - Jogja tidak seperti yang telah dijelaskan diatas. sebelum memasuki Magelang, Safari Dharma Raya memasuki Temanggung terlebih dahulu kemudian keluar di Secang Magelang. Safari Dharma Raya atau dulu disebut OBL mempunyai Pool di Kebayoran Lama. Saya sarankan anda untuk naik dari sini karena trayek bisnya lebih banyak dan infonya juga lebih lengkap. Selain itu naik dari Kebayoran Lama juga menghemat waktu karena apabila dari Rawamangun harus menuju Utara Jakarta dimana pada jama-jam sore arah ke Rawamangun seringkali macet.

Harga Tiket pun dibanderol seperti berikut:

Super Eksekutif ( Seat 2-1) Harga 270.000 (diantar sampai depan rumah ketika sampai Jogja)
Eksekutif            ( Seat 2-2) Harga 210.000


Salah satu armada bis Safari Dharma Raya

Konfigurasi tempat duduk pada kelas super eksekutif Safari Dharma Raya.

5. Gunung Harta

Gunung Harta juga melayani jurusan Jakarta ke Jogjogja namun bedanya disini keberangkatan yang sejauh ini saya ketahui melalui Pangkalan Jati. Hal ini kemungkinan juga karena mereka ingin mengejar waktu karena akan lokasinya yang berdekatan juga dengan Tol Cikampek. Rute Gunung harta sendiri sepertinya mengikuti Pahala Kencana dan Lorena. Biasanya jam keberangkatannya jam 14:00. Penumpang bis ini umumnya para pekerja yang kerja di akarta dan weekend pulang ke rumah dengan menaiki Bis. Agen di pangkalan jati berada di ruko dekat perempatan Jatiwaringin Kalimalang. Apabila anda melihat biro Jasa BPKB dan STNK  disitulah tempat Agen tersebut. Menurut info dari teman saya sih jam 1 pagi sudah bisa sampai Jogja.

Harga Tiketnya pun dibandrol sebagai berikut:

Eksekutif (seat 2-2) Harga 180.000 pemberangkatan dari Agen Pangkalan Jati Kalimalang

Salah satu Armada bis Gunung Harta.


6. Maju Lancar

Maju Lancar juga melayani trayek jurusan Jakarta Jogja. anda bisa berangkat dari Agen Pangkalan Jati - Kalimalang. Agen ini menjadi satu tempat dengan Agen Gunung Harta. unutk rute sendiri hampir sama dengan Rosalia Indah. Maju Lancar melewati jalur selatan. Namun Maju Lancar berangkat lebih awal yaitu jam 14:00. Banyak dipilih oleh para pekerja karena lebih cepat sampai ke Rumah di Jogja

Harga Tiketnya pun dibanderol sebagai berikut:

Eksekutif (seat 2-2) harga 170.000 pemberangkatan dari Agen Pangkalan Jati/Kalimalang


Armada bis Maju Lancar.


Sekedar Info dalam kondisi normal biasanya jarak Jakarta - Jogja ditempuh sekitar 10 - 12 Jam apabila menggunakan rute yang dilewati Rosalia Indah yang melewati jalur selatan. Apabila ada macet di Pantura biasanya akan samapai di Jogja jam 12:00 siang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar